Tips Memilih Fotografer untuk Acara Pernikahan Anda

memilih-fotograper-untuk-acara-pernikahan.jpg
 
Untuk mengabadikan momen bahagia bersama pasangan, fotografer memang menjadi salah satu elemen penting di hari pernikahan Anda. Pasalnya, fotografer lah yang akan menangkap setiap momen penting nan bersejarah dalam balutan foto ataupun video. Entah itu ekspresi haru dan bahagia Anda, wajah ceria dari kerabat dan tamu undangan yang hadir, hingga suasana di lokasi acara pernikahan. Tentunya, sayang sekali bukan jika Anda sudah memilih lokasi wedding venue Jakarta terbaik namun fotografer yang disewa tidak mampu menyampaikannya dalam bentuk foto atau video yang diinginkan.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat hendak menyewa fotografer untuk hari bersejarah Anda? Ini dia daftarnya:

1. Pelajari portfolio-nya. Setiap fotografer pernikahan pastinya memiliki portfolio yang bisa dicek oleh calon klien mereka. Portfolio ini bisa Anda temukan di website atau bahkan pada laman Instagram mereka. Anda bisa meneliti bagaimana style foto mereka, tone yang digunakan, atau bahkan cara mereka mengambil angle sebuah foto. Setiap fotografer memiliki gaya dan selera yang berbeda, jadi pastikan bahwa fotografer yang hendak Anda ajak kerja sama sesuai dengan keinginan Anda.

2. Pastikan sudah ‘cocok’ dengan individunya. Patut diingat bahwa fotografer akan selalu mendampingi Anda dalam setiap momen, mulai dari sebelum akad hingga selesai acara resepsi. Pastikan Anda dan pasangan sudah nyaman dengan fotografer, sehingga tidak akan grogi saat hendak difoto nantinya. Sebelum memutuskan untuk memakai jasanya, Anda bisa bertemu dulu dengan fotografer dan berdiskusi selama beberapa saat. Jika memang cocok dan ‘click’, Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama.

3. Cek kemahiran atau skill-nya. Ada beberapa fotografer yang hanya mampu menangkap momen di luar ruangan dan ada pula yang justru mahir memainkan lighting dan memotret di dalam ruangan dengan cahaya seadanya. Nah, ini menjadi salah satu yang perlu Anda cek. Jika acara pernikahan Anda diselenggarakan di dalam ruangan, pastikan fotografer yang ingin disewa memiliki pengalaman dalam menangkap momen indoor. Cek portfolionya dan pastikan sudah sesuai dengan yang dimau.

4. Delivery fotonya. Ada beberapa fotografer yang berani memberikan beberapa sample hasil foto beberapa jam setelah acara untuk di-review oleh pengantin, dan ada pula fotografer yang lebih memilih mengirimkan semua hasil foto dan video di hari yang sudah ditentukan sebelumnya—misalnya, satu minggu setelah acara. Tanyakan hal ini di awal sebelum menandatangani perjanjian kerja sama dan bagaimana output-nya: apakah dalam bentuk cetak atau sekadar foto digital.

5. Paket dan penawarannya. Terakhir, jangan lupa juga untuk meneliti paket dan penawaran yang diberikan. Biaya yang dikenakan dalam hitungan jam atau justru harian; sebab beda fotografer akan berbeda pula perhitungan biayanya. Ada fotografer yang memberikan paket per foto yang diambil dan ada pula yang memberikan paket unlimited photo selama masih dalam durasi waktu sewa. Jadi, jangan lupa cek dan sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Sama halnya dalam memilih venue, memilih fotografer untuk acara pernikahan Anda juga membutuhkan waktu dan ketelitian. Dengan beberapa tips di atas, semoga Anda dapat menemukan fotografer terbaik, ya. Semoga bermanfaat!