Nikah di Hotel Jakarta dengan Budget Terbatas? Bisa!

budget-terbatas-jakarta.jpg
 
Menyelenggarakan pernikahan sesuai dengan impian merupakan keinginan setiap calon pengantin. Untuk memastikan resepsi pernikahan berjalan dengan lancar dan sesuai rencana, menggunakan wedding organizer mungkin bisa menjadi pilihan. Hanya saja, jika sekiranya budget yang dimiliki ternyata tidak sesuai dengan tawaran harga dari WO, mungkin mengurus secara individu bisa menjadi opsi terbaik. Kamu memang menjadi lebih repot, tapi percayalah hasilnya akan sebanding dengan impianmu. Mulai dari mencari venue nikah di hotel Jakarta yang sesuai sampai mencari souvenir, semuanya bisa disesuaikan dengan budget pernikahan kamu.
Lantas, tips apa yang bisa dijadikan pertimbangan jika ingin menyelenggarakan pernikahan on budget? Simak detailnya:

1. Beralih ke undangan virtual. Untuk mengurangi budget pernikahan, kamu bisa memangkas biaya cetak undangan dengan beralih ke undangan virtual. Sekarang ini, sudah banyak website gratis yang bisa dipergunakan sebagai undangan virtual kamu. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendesain sendiri undangan pernikahanmu, kemudian membagikannya via chat ke kerabat dekat yang ingin diundang. Selain lebih hemat, kamu juga bisa bebas berkreasi dengan undangan pernikahanmu karena tidak terpatok dengan biaya cetak. Seru, kan?

2. Pilih opsi intimate wedding. Konsep intimate wedding memang sedang banyak digemari oleh para calon pengantin, terutama di tengah pandemi seperti sekarang. Dengan tamu undangan yang relatif sedikit, acara pernikahan akan terasa lebih hangat dan akrab karena tamu yang diundang biasanya adalah orang-orang terdekat. Durasi waktu resepsi yang tersedia pun bisa dimaksimalkan karena terdapat pembatasan jumlah tamu. Dari segi budget, intimate wedding ini juga ramah di kantong karena calon pengantin bisa menyesuaikannya dengan jumlah tamu yang diundang.

3. Cermat dalam memilih venue dan paketnya. Pemilihan venue beserta paket pernikahan juga akan mempengaruhi budget kamu. Untuk itu, sebagai calon pengantin, kamu harus cermat dalam memilih venue-nya. Di Jakarta memang ada banyak sekali hotel yang bisa dijadikan sebagai tempat resepsi pernikahan, salah satunya adalah YELLO Manggarai. Hotel ini memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, baik dengan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Menariknya lagi, YELLO Manggarai memiliki paket “Love is in the air” yang dibanderol dengan harga IDR 12.000.000 nett untuk 70 pax. Cocok banget nih untuk kamu yang ingin menyelenggarakan intimate wedding! Paket tersebut sudah termasuk all you can eat buffet untuk lunch atau dinner (sesuai dengan jam acara), one night stay di YELLO (termasuk sarapan), penggunaan venue selama 3 jam, honeymoon set up in the bride room, serta 3 parkir VIP. Kalau kamu ingin menambah a'la carte menu untuk makanan dan minuman, ada diskon 10% juga yang bisa dinikmati. Hemat, kan?

4. Pertimbangkan biaya souvenir, make up, dan gaun pernikahan. Biaya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah make-up, gaun pernikahan, serta souvenir. Jika kamu ingin berhemat, ada baiknya menyewa gaun alih-alih membeli baru. Tak hanya itu, carilah vendor yang memang menyediakan penyewaan pakaian pengantin beserta make-up nya. Sementara untuk souvenir, kamu bisa mencari ide souvenir yang unik, namun memiliki harga tak terlalu mahal.

5. Eliminasi budget yang tidak perlu. Saat sedang merencanakan pernikahan, tentu ada banyak hal yang ingin kamu terapkan, seperti seragam yang senada untuk keluarga besar, booth foto untuk para tamu undangan, dan masih banyak lagi. Hanya saja, dengan budget yang terbatas, kamu harus tahu mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana yang sifatnya sekunder. Eliminasi pengeluaran yang tidak perlu, ya!

Setelah membaca tips-tips di atas, jangan lupa buat rancangan keuangan untuk acara pernikahanmu. Ingat selalu bahwa dengan pengelolaan budget yang baik, kamu tetap bisa lho menyelenggarakan pernikahan di hotel Jakarta yang meriah, namun tetap terkendali dari segi keuangan. Semoga bermanfaat!