Lakukan Hal Ini Saat Tertinggal Pesawat

saat-tertinggal-pesawat.jpg
 
Kondisi jalanan yang macet atau berbagai hal lain bisa menjadi penyebab kamu tertinggal pesawat. Jika sudah begitu, pastinya kamu akan panik dan tidak tahu harus bagaimana. Dari mulai memikirkan kerugian biaya dari tiket pesawat yang tidak bisa digunakan, hingga keterlambatan perjalananmu untuk sampai tujuan. Apalagi jika kamu ada acara penting dengan jadwal yang tidak bisa ditunda.

Nah, jika kamu mengalaminya, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan, yaitu:

· Tenangkan diri
Tentu ini hal pertama yang harus kamu lakukan. Dalam kondisi panik pasti kamu tidak akan bisa berpikir jernih untuk mencari penyelesaian masalah. Coba tenangkan dirimu terlebih dahulu sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.

· Hubungi call center maskapai
Tahukah bahwa kamu tetap bisa melakukan refund untuk biaya tiket pesawat yang sudah kamu bayarkan ketika tertinggal pesawat? Namun syarat utamanya adalah tiket tersebut kamu beli dengan harga normal, bukan dari promo meskipun promonya hanya sedikit. Selain itu, mengenai nominal refund akan sesuai dengan kebijakan dari maskapai. Itulah sebabnya, ketika kamu tertinggal pesawat, maka kamu harus segera menghubungi call center maskapai atau datangi customer service maskapai. Selain kemungkinan mendapat refund, kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan bangku pada jadwal penerbangan selanjutnya.

· Cek jadwal perjalanan lain
Bagaimana jika jadwal penerbangan selanjutnya dari maskapai tersebut terlalu jauh jaraknya? Maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi travel online untuk mencari jadwal keberangkatan terdekat dengan jadwalmu. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir terlambat menghadiri acara di lokasi tujuan.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, kamu bisa meminimalisir kerugianmu akibat ketinggalan pesawat. Namun, ada baiknya jika kamu menghindari berbagai penyebab tertinggal pesawat dengan beberapa cara berikut:

· Cek email berkala
Periksa secara berkala email dan SMS untuk memeriksa apakah ada informasi perubahan jadwal penerbangan dari pihak maskapai.

· Atur waktu packing
Jangan menyepelekan masalah packing. Pastikan kamu menyiapkan semuanya sehari sebelum jadwal keberangkatan untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

· Atur waktu perjalanan
Berikan waktu lebih untuk perjalananmu ke bandara untuk mempersiapkan kemungkinan macet. Agar lebih praktis, kamu juga bisa menginap hotel dekat Juanda Airport atau airport lain yang menjadi tempat keberangkatanmu.

Semoga dengan beberapa cara mencegah tertinggal pesawat tersebut, kamu jadi tidak perlu mengalami masalah tersebut. Namun jika seandainya kamu mengalaminya suatu hari nanti, maka kamu bisa lakukan 3 langkah yang telah disebutkan di atas.