Checklist Staycation di Hotel saat Akhir Pekan

checklist-staycation.jpg
 
Staycation—penggabungan dari stay dan vacation—adalah satu dari sedikit tren baru yang muncul sejak merebaknya wabah coronavirus. Imbauan untuk menjauhi kerumunan, menjaga jarak, serta membatasi mobilisasi dan interaksi adalah alasan utama melonjaknya aktivitas staycation selama setahun belakangan. Biasanya, penduduk kota akan bermalam di hotel staycation Jakarta ataupun kota-kota lainnya di akhir pekan untuk melepas penat dan mengobati rindu berlibur ke luar kota atau luar negeri yang agak sulit dilakukan sekarang.

Kalau kamu tertarik untuk staycation dalam waktu dekat, berikut adalah checklist atau barang-barang yang tak boleh tertinggal ketika bermalam di hotel saat akhir pekan:

· Sunscreen. Tabir surya atau sunscreen berguna untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari serta mengurangi risiko kanker kulit juga bahaya lain akibat cahaya ultraviolet. Biarpun kamu akan menghabiskan banyak waktumu di dalam kamar hotel, tabir surya tetap perlu kamu pakai, lho. Alasannya kamu akan tetap akan terkenal sinar matahari ketika akan menuju maupun pulang kembali ke rumah dari hotel tempat kamu menginap. Siapa tahu juga nanti kamu tiba-tiba berkeinginan untuk bersantai sambil membaca buku di kursi malas yang ada di tepi kolam renang hotel, kan?

· Travel-size skincare. Berapa steps atau produk skincare yang kamu gunakan? Kalau jumlahnya lebih dari tiga, tentu memboyong botol-botol skincare kamu akan menjadi hal yang merepotkan. Padahal, memakai skincare secara rutin itu sama pentingnya dengan memakai sunscreen ketika hendak meninggalkan rumah. Maka dari itu, ada baiknya kamu membawa skincare dengan kemasan kecil—muat untuk traveling—saja. Siapkan kira-kira kebutuhan skincare untuk 2-3 kali pemakaian di wajahmu ke tiap-tiap botol travel-size skincare. Psst, walaupun hanya akan bermalasan di kamar hotel, skincare routine tidak boleh terlewat, ya!

· Pakaian. Tak bisa jalan-jalan jauh bukan berarti tak bisa bergaya selayaknya sedang traveling jauh. Ya, kamu bisa siapkan sepotong summer dress, setelan piyama, atau sepasang kaus dan celana/rok yang nyaman untuk keperluan bermalam kamu saat staycation di hotel. Eits, menyenangkan diri sendiri di kala pandemi ternyata bisa semudah ini, ya?

· Masker & hand-sanitizer. Dua benda wajib pakai yang baru muncul di masa pandemi adalah masker dan hand-sanitizer. Tak lengkap dan tak nyaman rasanya jika meninggalkan rumah tanpa dua benda kecil ini. Untuk itu, jangan lupakan pula membawa serta masker—kain dan medis—masing-masing setidaknya 2-3 buah dan sebotol hand-sanitizer ketika akan menginap di hotel untuk staycation. Memang semua properti YELLO Hotels sudah menyiapkan protokol kesehatan—termasuk hand-sanitizer spray di beberapa titik, namun, tak ada salahnya untuk punya satu yang bisa kamu bawa ke manapun kamu melangkah, bukan?

Ya, itu dia beberapa benda di checklist yang tak boleh terlupakan ketika kamu akan staycation di hotel saat akhir pekan. Semoga tips di atas bermanfaat, ya. Selamat ber-stay and vacation!